Kita semua mungkin sudah tidak asing lagi dengan keripik Maicih, tapi tahukan kita sejarah dan cerita dibalik ketenaran
keripik itu. Siapakah pendiri nya?? siapa Maicih pula?? Apakah dia berwujud atau hanya jadi-jadian??
The Story Begin (Gambaran Singkat)
Keripik singkong maicih lahir di bulan juni 2010 (ownernya juga lupa tanggalnya), FOUNDER nya adalah Dimas Ginanjar Merdeka (Bob merdeka),
konsep awal penjualan adalah door to door, dan dulu cara ordernya
bisa melalui twitter (@bobmerdeka) dan dia memulai usaha ini bersama
pasangannya mei_ra.
keripik singkong ini dimulai dari plastik polos (tanpa logo) dan
diberi nama "maicih" oleh bob merdeka, pertama kali di pasarkan tidak
berlevel, hanya 1 jenis = Pedas saja, para pembeli pertamanya tidak
lain hanyalah kalangan teman2nya saja (sma 2 bdg / Unpar bdg) dari
saran,masukan dan kritik, munculah maicih ber level dari 1-10 (namun
karena alasan repot akhirnya disempitkan menjadi level 3,5, dan 10
saja)
logo pertama maicih dibuat oleh teman dari si bobmerdeka , dan di
maicih mulai mempunyai logo sejak juli 2010, hingga desember 2010
berganti logo dikarenakan semakin banyaknya peminat + logo dirasa butuh
improvisasi, logo baru ini bertahan cukup lama (termasuk acara
Trademark dan pruungout, serta event2 lainnya) hingga akhirnya
dikarenakan satu dan lain hal (termasuk inovasi dari CV maicih)
muncullah logo baru maicih sekarang yang sudah dilengkapi oleh DINKES
dan HALAL, dimana untuk pembuatan kedua izin tersebut dibutuhkan HAK
PATEN dari nama "maicih" sebagai merk dagang (makanan ringan) ....
cmiiw
Logo pertama @maicih Juni 2010 - Des 2010
Logo
kedua maicih yang dipakai dari Desember 2010 - Mei 2011, menjadi
kontroversi karena digunakan oleh "maicih" lain, dan di Claim menjadi
logo mereka (padahal nama "maicih" nya aja ga punya)
Salah
satu Foto dari bob merdeka saat event trademark di bandung (bob
merdeka yang menjadi penggagas usul agar maicih bisa masuk ke dalam
event besar tersebut, diamini oleh panitia yang memang mengetahui bahwa
bob merdeka adalah owner+founder dari maicih.
Tambahan info :
Mengapa
lebih sering AXL yang muncul di media dan televisi?? awalnya dia
hanya "ikut-ikutan" untuk berjualan maicih, bahkan pada awal masuk
media bob merdeka lah yang disorot, sebagai kakak kandungnya bob
merdeka mendelegasikan "MARKETING" kepada AXL, dari promosi, hingga
menghiasi tabloid, bahkan televisi, sedangkan bob merdeka memikirkan bagian produksi, satu dan banyak cerita akhirnya "putus" disini, dan bob merdeka yang selama ini "jarang" menghiasi media mulai
tampil (live hard rock FM bdg, iRadio bdg, GoGirl Magazine edisi april,
tribun jabar, dan media televisi (selamat pagi trans 7)
|
ARIE, AXL, dan DIMAS/BOB MERDEKA |
|
AXL (adik DIMAS GINANJAR) dan ARIE (kakak DIMAS GINANJAR) |
infomaicih
itu sebuah akun twitter yang dulu "katanya" dibuat oleh konsumen
tepat 2 hari setelah event trademark, selain dari akun2 lainnya
(maicihYEAH (akun kontroversial dengan memberikan data dan fakta
persaingan maicih), kondemaicih (akun non-resmi dari maicih yang isinya
memberi humor2 segar), dll), namun sang admin dari akun tsb membantu
dengan meng infokan penjualan maicih di bandung, bahkan di indonesia,
tetapi setelah followernya mencapai 30rb, terjadilah hal yang diatas
"penihilan" terhadap pihak tertentu membuat nya menjadi akun maicih
"terbesar". sedangkan @maicih adalah official akun untuk produk maicih
yang dimulai dari juni 2010 (akun ini dibuat di oktober 2010 dan
pertama kali tweet adalah bulan april..cmiiw) dengan tujuan mencegah
hal2 yang tidak diinginkan, begitu juga dengan websitenya (www.maicih.com) yang sudah dari awal "dipegang" oleh bob merdeka (disamping LEGAL berupa Hak Paten merk dagang, Dinkes, Halal, LP. Pom)
untuk
rasa dan kualitas, sepenuhya diserahkan kepada konsumen, karena
disini lidah yang menentukan, apakah condong ke @maicih atau ke
infomaicih karena selera orang pasti berbeda
ps : ringan saja, kalo nama anda Kaskus, apakah lebih afdol pake nama
@kaskus di twitter ataukah @infokaskus ? semoga anda lebih bijak
menilainya