}

Rabu, 23 Maret 2011

KISAH UDIN SEDUNIE

nama Sualudin tiba tiba meroket bak selebriti dadakan. Wajah pria kelahiran Montong Gamang, Lombok Barat ini belakangan sering muncul di layar kaca, sejak heboh videonya di situs You tube, Undin Sedunie yang sudah dilihat 156 ribu viewer hingga kamis (24/3) siang.


bukan itu saja, Sualuding yang masih kuliah di jurusan B.Inggris di STKIP Hamzanwandi, Lombok ini juga sering tampil di tv, menyanyikan lagu Udin Sedunie ciptaannya dengan aksi panggung yang kocak. apalagi lirik lagunya juga memang jenaka, lugu, dan menghibur.


Sualudin menulis lagu itu pada tahun 2009. ketika itu, secara tak sengaja ia mendapat ide menulis lagu Udin Sedunie saat berkumpul dengan enam temannya di depan kampus STKIP. Mendadak, ia mengenang tiga teman lainnya semasa remaja. Mereka adalah Alimudin, Kamarudin, dan Jalaludin. Kebetulan juga, Alimudin memang rajin ke masjid, Jalaludin hidup di jalan, Kamarudin sering di kamar.


dari sana muncul ide untuk merangkai nama mereka, lalu dicarilah sejumlah nama berakhiran "Udin" lainnya, hingga terbentuk lagu yang berawal dari kata awaludin dan ditutup dengan nama Akhirudin. Dua bulan kemudian seorang temannya minta izin agar lagu itu diunggah ke You Tube. "saya setuju saja. Mudah-mudahan bisa membuat orang terhibur."kenangnya.

benar saja, penampilan Sualudin yang kocak di vidio itu membuat SCTV mengundangnya ke Jakarta. Sebelumnya, Sualudin merekamnya ke Bahasa Sasak dan merekamnya di Yustifa studio Lombok dan dipindah ke format VCD. Sontak, lagu ini booming di seantoro Pulau Lombok. Kini Sualudion telah mereguk buah manis karyanya. Selain dikontrak Harpa Record selama satu tahun, pekan depan Sualudin juga akan roadshow ke berbagai stasuin televisi swasta di jakarta.

sumber: tabloit nova no.1203/XXIV (14-20 Maret 2011)

2 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...