}

Senin, 21 Maret 2011

mainan lucu dari kertas (papertoy)

papertoy adalah pengembangan dari papercarf. Jadi, sebuah bentuk mainan dengan bahan dasar kertas yg dibuat sederhana mungkin dan diberi garis yang menarik, sehingga dapat dengan mudah dirakit. Walaupun masih termaksud seni lipat kertas, papertoy gak termaksuk dalam seni origami loh. Soalnya papertoy ini menggunakan lem dan kertas.kalau origami berasal dari jepang, atau paperquiling berasal dari Eropa, papertoy ini bukan berasal dari negara terrentu. Tapi papertoy mulai berkembang tahun 2006-2007, dan Jepang sama Belandadijadiin kiblat papertoy. Ada banyak website yang khusus nampilin desain papercraft, contohnya http://www.salazad.com atau http://www.paper-replika.com dan kamu tinggal men-download-nya. jadi, buat kamu yang gak jago desain, gak perlu khawatir ;)

alat dan bahan
  1. desain yang udah diprint di kertas ukuran A4 (kertas sebenernya boleh apa saja, tapi hasilnya akan lebih bagus jika kertasnya tebal atau kertas inkjet 120 gram)
  2. gunting
  3. lem
  4. cutter dan penggaris, buat ngerapiin pola yang gak rapi guntingnya
  5. pinset, untuk melipat ke dalam bagian yang sulit dijangkau. Selain itu, juga dipakai untuk menjepit
how to make it?
  1. buka website yg bisa download desain- disain buat papertoy ini.
  2. download desain mana yang kita suka. Rata- rata desain ini tuh formatnya pdf, tapi ada juga jpeg. Terus, print deh di kertas A4
  3. lalu gunting pola yang udah di print itu. Kalo guntingnya masih belum rapi, kita bisa pakai cutter dan penggaris untuk merapikannya
  4. lipat- lipat pola mengikuti petunjuk yang sudah ada
  5. lem sehingga membentuk kesatuan yang utuh
  6. violaa!! jadi deh...
  7. biar lebih kokoh, seprotin paint brush warna bening (misalnya pylox clear) keseluruh permukaan kertas.
salazed.comyang bikin website ini unik adalah ada beberapa desian papertoy-nya figure khas indonesia, kayak Hanoman, Barong, Ondel-ondel, dan Gatot Kaca. "dalam papertoy ini dituntut untuk menciptakan karakter- karakter yang unik dan fresh. Selama ini terlalu banyak papertoy yang dibuat dari karakter urban. Awalnya saya mencoba memberikan sesuatu yang berbeda, dan ternyata animo yang didapat begitu besar" kata Faisal Azad pemilik website ini.
nah, kalau buka salah satu website itu, ada
link-link ke website lain juga. Meskipun tampaknya ada part yang kecil dan detail, gak sesah kok, cuma perlu ketukan dan kesabaran. hehehe.. selamat mencoba!

paper-replika.com
website ini memberi cara- cara yang detail buat bikin papertoys. Bentukyang akan dihasilkan terlihat cukup rumit. Tapi tenang ada panduan bikinnya kok, jadi mempermudah kita merangkainya. Pas masuk ke website-nya kita bisa milih di menu "Model Directory". Disana ada macam-macam kategory yang bisa kita pilih, seperti animals, figures, sports, dan food and beverages.


selamat mencoba :)



Sumber: majalah keren beken, edisi06.21maret-3april2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...